Mengobati Flu/Pilek Pada Salva

   NEWBIE : Assalammualaikum Wr.Wb. Apa kabar sobat blogger? udah lama gak Update artikel, Nah pada kesempatan saya kali ini, Saya akan menulis artikel tentang Cara Mengobati Flu Atau Pilek Salva / Varanus. Ada banyak cara penanganan Salva Atau Varanus yang sedang terkena Flu Atau Pilek.




Berikut ini adalah bebrapa Cara Menangani Salva Yang Terkena Flu.

   Cara Pertama :

  Jika salva flu/pilex coba pada pagi hari di rendam air hangat -+5mnt.
setelah itu jemur d bawah jam 10:00 pagi minimal penjemuran 10-15mnt(awas untuk penjemuran jangan di dalam aquarium bisa berakibat dehidrasi/kematian)
setelah di jemur bagian rongga mulut coba di bantu bersihkan ingus/jigongnya yg menempel
karena itu sangat mengganggu pernafasan pada salvator., 
setelah itu kandang taruh ruangan terbuka
di dalam kandang air minum coba di kasih obat tettachlor,untuk obat itu sendiri harap di sesuaikan dengan ukuran salva itu sendiri
bisa di lakukan secara rutin untuk rendam jemur agar cepat sembuh.

   Cara Kedua :

  Penanganan Salva Pilek : penanganan nya adalah ambil 2 ruas jari kunyit,1 ruas kencur dan secukupnya umbi temulawak ,lalu tumbuk ,setelah d tumbuk rebus sampe mendidih hingga menguning ,setelah air mendidih dan menguning tambahkan air dingin d rebusan td hingga air menjadi hangat,stelah air dah hangat rendemin salva nya sambil di jemur sekiranya 5menit'an setelah itu plurut idung salva yg dah d rendem td sampe kluar smua ingus yg dah menjadi upil yg mengakibatkan salva susah nafas karna lubang hidung tersumbat td,jika masih tidak kluar,caranya cukup extreme juga ini,ini juga pengalaman pribadi jika salva masih ukuran baby,coba tiup lubang hidung kanan dan kiri,guna untuk melepaskan upil kering yg menyumbat hidungnya,sekiranya hidung salva sampe plong lalu plurut lagi sampe keluar ingusnya,rutin 2hari skali lakukan sperti itu,d usahakan salva yg kondisi pilek td d pindah ruangan yg aga terbuka,jgn d taro dalam ruangan,N klo bisa kandang nya yg banyak fentilasi udaranya,biar salva ga pengap di dalam kandang nya.
Nb : Fungsi Kunyit bwt ksegaran salva,dan fungsing temulawak dan kencur buat nafsu makan salva,itu bukan bwt ngerubah warna salva dan motiv salva.

   Cara Ketiga :

  Kalau untuk penanganan baby salva yg ga mau makan krn sakit saya biasanya pakai spet yg dipasangin selang. Untuk makananya saya pakai ikan air tawar yg sdh diblender halus. Lalu dimasukan ke dlm spet. Trs paksa salva buka mulut biasa pakai cotonbut/sendok. Setelah itu ganjel pakai apa aja agar mulut salva tetap terbuka. Lalu masukan selang sampai hampir areal perut pelan"&hati" krn organ salva msh rentan. Kemudian tekan spet dikit demi sedikit.
Untuk tritmen saya pakai cara salva saya rendam air setinggi 1/2badan salva dlm aquarium/box yg salah satu sisinya dikasih tangkringan dan atas tangkringan dipasang lampu yg wattnya disesuwaikan sm ukuran box. Lampu ga perlu terlalu panas. Saya pakai aquarium ukuran 70x40 dg lampu spot 15 watt dan kandang d biarkan terbuka/tanpa tutup biar udara alami masuk/tidak pengap.

  Selamat Mencoba :)

Terima Kasih Telah Membaca Artikel Ini, Semoga Bermanfaat.

7 Responses to "Mengobati Flu/Pilek Pada Salva "

  1. Halo mas,saya mau tanya Salvator Baby ku mau makan tapi pas dikasih minum gtu dia keluar spt ingus di mulut dan hidungnya,itu apa gejala pilek juga?mohon bantuannya,terima kasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas itu salah satu gejala pilek pada salva mas.

      Delete
  2. Mas salvaku masih ukuran baby, gamau makan, lemes dan merem terus. Pas diair kaya ada lendir gitu.
    Itu pilek bukan ya ?
    Terus cara yang paling aman buat ukuran baby pake cara mana ya mas ?

    ReplyDelete
  3. kalau udah terlanjur pilek sampai merem penangannya seperti apa? feses juga encer nafsu makan menurun drastis

    ReplyDelete
  4. kalau udah terlanjur pilek sampai merem penangannya seperti apa? feses juga encer nafsu makan menurun drastis

    ReplyDelete
  5. Mas punya ku juga pilek. Matanya merem juga. Kalo di kandang lemes banget gitu. Tapi kalo makan jangkrik lancar mas. Gi mana mas agar cepet sehat kembali. Tolong infinya yaa. Thanks ypu

    ReplyDelete
  6. https://www.facebook.com/notes/salvator-indonesia-keeper-saik/cara-mengobati-flupilex-pada-salva/894751397229155/

    ReplyDelete